HARI KARTINI DI BUMI PERKEMAHAN | SMA NEGERI 5 MAGELANG
  • HARI KARTINI DI BUMI PERKEMAHAN

    HARI KARTINI DI BUMI PERKEMAHAN

    25 April 2017 Administrator

    SLEMAN- Ambalan Barito Manggala mengadakan kegiatan tahunan Kemah Bakti di Bumi Perkemahan Lembah Merapi. Bumi Perkemahan yang terletak di Sidorejo, Nganggring, Girikerto, Turi, Sleman, D.I. Yogyakarta ini telah dua kali ini digunakan sebagai tempat kemah bakti ambalan Barito Manggala, yaitu tahun 2016 dan 2017 kemarin. Panitia yang terdiri dari pembina dan bantara beralasan bumi perkemahan tersebut memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. “Bumi Perkemahan Lembah Merapi memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai serta memiliki pemandangan yang asri sehingga kami memutuskan menggunakannya lagi untuk Kemah Bakti kali ini” Kata Agus Setyo, Jumat (20/4)

            Ambalan dengan Gudep G240-241.s yang menginduk di SMA Negeri 5 Magelang ini mengadakan kemah Bakti mulai tanggal 20 – 22 April 2017 dengan peserta seluruh anggota penegak Ambalan kelas X SMA Negeri 5 Magelang. Kegiatan dibuka oleh KAMABIGUS, Kak Agung Mahmudi Ariyanto, pada saat upacara pembukaan. Dia mengatakan bahwa kemah bakti ini diharapkan mampu melatih kemandirian dan tanggung jawab setiap peserta. Kak Agung juga mengingatkan perlunya sopan santun terhadap warga sekitar dan setiap peserta juga harus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

           Kemah Bakti kali ini merupakan Kemah Bakti yang spesial karena dilaksanakn tepat pada saat Hari Kelahiran RA. Kartini. Guna mengenang jasa beliau, Panitia mengadakan upacara peringatan Hari Kartini dan lomba “Keluwesan”. Dalam amanatnya, Kak Yuli Mardiana selaku pembina upacara menjelaskan arti pentingnya hari Kartini bagi pemuda selaku penerus bangsa, khususnya perempuan. “Kita sebagai penegak harus mampu meneladani perjuangan beliau dengan semangat belajar dan disiplin.” Kata Yuli, (21/4)

         Setelah selesai upacara, siangnya diadakan kegiatan lomba “Keluwesan” yang diikuti oleh dua orang perwakilan kelas. Mereka terdiri dari laki-laki dan perempuan yang memakai pakaian adat. Mereka seperti model yang berjalan di Catwalk. Berlenggak lenggok guna menarik hati juri supaya menjadi pemenang. Peserta kemah sangat antusias menonoton aksi dari kartini-kartini masa kini beraksi. Kemah Bakti ini juga diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti outbond, widegame, apresiasi film, lomba-lomba, dan acara pamungkas yaitu api unggun. (uyadhuha)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks